Cara Paling Mudah Supaya Blog Kita Diterima Google Adsense

Adsense, siapa yang tidak kenal salah satu produk dari google ini, salah satu media pengiklan yang menerapkan sistem bagi hasil kepada pemilik blog atau website yang tentunya sudah bekerjasama dan dipasangi iklan-iklan yang berasal dari google adsense itu sendiri.

Adsense menerapkan sistem PPC (pay per click) atau dengan kata lain, setiap pengunjung yang mengklik iklan yang muncul pada website kita, maka si pemilik website akan menerima bayaran sesuai dari anggaran dari si pengiklan itu sendiri.

Tapi bukan hanya PPC lho, tapi adsense juga menerapkan sistem CPM (cost per mile) atau penjelasan gampangnya yaitu google akan membayar kita pemilik website pada setiap iklan yang muncul, walau tanpa klik dari pengunjung tapi tentunya dengan hasil yang tidak sebesar jika si pengunjung mengklik iklan di website kita, dan hitungan iklannya adalah per seribu tayang.

Google adsense


Tapi jika kita mempunyai website dengan traffic yang tinggi, pasti hasil yang didapatkan juga semakin besar, menggiurkan bukan?!

Tapi permasalahan yang sangat besar yaitu kita tidak bisa dengan mudah mendapatkan kepercayaan adsense untuk bisa memasangkan iklan mereka di website kita, karena banyak sekali syarat dan kriteria yang sangat ketat untuk  mendapatkan FULL APPROVE dari adsense.

Tidak sedikit para blogger yang tumbang saat mendaftarkan websitenya ke google adsense, kebanyakan para blogger tumbang saat melalui masa review ke dua, dimana blog kita akan ditinjau secara manual oleh para pakar adsense untuk menentukan kelayaka blog kita.

Nah, yang membuat semakin jengkel, disaat mendapatkan email penolakan dari adsense, mereka tidak menyebutkan secara detail apa kesalahan dan kekurangan dari blog kita, jadi secara tidak langsung kita dipaksa untuk mencari tau sendiri kekurangan dari blog kita yang mendasari penolakan adsense.

Tapi dalam email adsense tersebut, biasanya akan diarahkan ke halaman kebijakan adsense, dan disitulah kita harus banyak belajar tentang semua ketentuan dasar dari adsense.

Jika kita menulis artikel secara original atau bukan dengan copy paste, pasti kalian akan sangat paham tentang kesalahan apa yang menjadi dasar blog kita ditolak oleh adsense.

Nah, kalau kalian merasa tidak ada yang salah dalam artikel blog kalian tapi tetap saja ditolak saat pengajuan adsense, dalam artikel ini saya akan memberikan sedikit referensi, siapa tau ada beberapa syarat dari adsense yang mungkin terlewatkan.

Dibawah ini beberapa ketentuan mendasar agar blog kita diterima oleh google adsense.

1. Umur blog

Memang syarat yang satu ini tidak terlalu berpengaruh saat ini, kenapa begitu? Pada generasi adsense saat ini blog yang masih tergolong muda pun banyak yang diterima dan mendapatkan full approve dari adsense. Tapi tidak ada salahnya kalau kita tunggu blog kita berumur minimal 3 bulan.

2. Hak cipta

Nah, faktor ini yang sering terabaikan, saat ini kekayaan intelektual sangat dilindungi, dan google sangat tegas dalam perlindungan hak cipta ini. Banyak dari para blogger yang mempergunakan gambar yang asal comot, nah kita sebagai blogger harus sangat memperhatikan hal ini, banyak situs-situs penyedia gambar gratis dan bebas hak cipta yang bisa kalian manfaatkan.

3. Traffic blog

Traffic blog, salah satu ketentuan dari diterima atau tidak nya blog kita yaitu traffic blog kita yang memenuhi standar, sebenarnya banyak pro kontra tentang ketentuan ini, karena tidak sedikit pula blog yang memiliki traffic tidak terlalu banyak, tapi bisa diterima adsense, yaa.. memang, adsense itu kadang tidak bisa di tebak dan penuh dengan misteri ,hehehe..

4. Nice 

Satu lagi yang tidak kalah penting, Nice atau tema dari blog kita, google cenderung lebih menyukai blog yang hanya terfokus pada satu tema, bukan blog gado-gado yang tidak terfokus pada satu tema pembahasan, tapi balik lagi ke persoalan kalau adsense itu sulit untuk di tebak, tapi tidak ada salahnya kalau kalian memenuhi ketentuan mendasar ini.

5. Jumlah konten

Pada dasarnya, syarat dasar untuk pengajuan ke adsense yaitu jumlah dalam setiap artikel minimal 350 kata, dan juga jumlah artikel para blog kita minimal 20 artikel original, waktu saya di terima full approve blog saya hanya berisi 18 artikel (belum bisa jadi patokan pasti) tapi alangkah baiknya diperbanyak jumlah artikelnya.

Selain ketentuan dasar di atas, ada beberapa tips yang saya dapatkan berdasarkan pengalaman.
Cara yang akan saya jabarkan ini terbilang cara cepat, karena dari segi umur, traffic dan konten itu terbilang sangat minim. 


Yang pertama, buatlah blog dengan nice kesehatan. Entah apa yang mendasarinya, tp google sangat menyukai blog dengan nice ini.


Yang kedua, pakailah template bawaan dari blog itu sendiri, karena google lebih menyukai template yang sederhana dan terstruktur rapih. Template bawaan blog sangat direkomendasikan.


Yang ketiga, buatlah artikel minimal 10, tidak usah terlalu banyak, yang penting kita membuat artikel yang paling banyak dicari dan bermanfaat untuk pembaca.


Yang ke empat, umur blog diatas 2bulan.
Sebelum mendaftarkan ke adsense,usahakan jangan terburu-buru kalau umur blog kita belum genap 2bulan, walaupun konten dan traffic sudah memadai, kita diamkan saja blog kita sampai berumur.


Keempat cara tersebut sudah terbukti membuat beberapa blog saya bisa lolos dalam pengajuan ke google adsense, kalian bisa coba untuk mempraktekkannya sendiri. Pada saat saya menulis artikel ini, blog ini pun sedang saya coba untuk didaftarkan ke adsense. Semoga saja lolos juga, amiin...

Demikian sedikit ulasan tentang Cara Paling Mudah Supaya Blog Kita Diterima Google Adsense, semoga bermanfaat.

Tgh2