Cara memeriksa kondisi speaker baik atau rusak dengan menggunakan multimeter digital

Cara memeriksa kondisi speaker baik atau rusak dengan menggunakan multimeter digital.

Artikel ini akan menjawab pertanyaan dalam judul di atas. Pada pengukuran sebuah loudspeaker atau bagaimana memeriksa loudspeaker dengan avo digital yang kita ukur sebenarnya adalah tahanan yang berada pada LS tersebut sehingga kita harus tahu bagaimana mengukur ohm dari LS. Biasanya speaker akan memiliki spesifikasi 6ohm ,8ohm besaran impedansinya. Untuk mengetahui bagaimana cara menghitung ohm dalam suatu rangkaian speaker, dapat dilakukan dengan perhitungan seperti menghitung rangkaian resistor.

Jika kita periksa speaker subwoofer dalam kondisi baik atau tidaknya dengan menggunakan multimeter digital. Disini kita tidak hanya mendengar suara KREK KREK saja, tetapi kita harus bisa melihat apakah impedansi pada speaker ini ada atau tidak.

Jika kita memeriksa speaker dengan multimeter analog maka selain kita melihat sebuah gerakan pada jarumnya kita juga akan mendengar KREK KREK sebagai tanda speaker dalam kondisi baik. Sedangkan saat mengukur speaker dengan multitester digital, yang harus diperhatikan adalah tampilan angka digital pada layar multimeter digital.

Langkah-langkah untuk memeriksa speaker dengan multitester digital berikut:


Multitester



  • Posisikan saklar penunjuk pada posisi Ohm meter seperti yang ditunjukkan di atas. 
  • Pilih rentang dalam satuan Ω bukan kΩ apalagi MΩ
  • Kabel Merah (+) dan Hitam (-) terhubung ke terminal speaker sesuai dengan kutub positif dan negatif.
  • Saat menghubungkan terbalik antara kutub positif dan negatif tidak ada masalah jika hanya untuk memeriksa.
  • Kemudian baca angka-angka yang ditampilkan oleh digital mutimeter, Hasil angka yang ditampilkan oleh multi digital harus cocok atau mendekati spesifikasi perangkat speaker kita. Misalnya, impedansi sensor ditulis 6ohm jadi jika dibaca dalam multimeter digital 5,5 Ω atau 5,6 Ω kita dapat mengasumsikan bahwa speaker masih dalam kondisi baik.
  • Jika hasil pengukuran tidak sesuai dengan spesifikasi speaker, misalnya nol atau melebihi angka impedansi yang ditunjukkan, speaker dikatakan dalam kondisi buruk, alias rusak.



Demikian sedikit ulasan tentang cara menguji speaker menggunakan multimeter digital. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

0 Response to "Cara memeriksa kondisi speaker baik atau rusak dengan menggunakan multimeter digital"

Post a Comment

Tgh2