Tutorial (Cara) Porting Rom Spreadtrum sc7731/8830 Kitkat, Lolipop Paling Gampang

Porting rom spreadtrum sc7731

Untuk kalian para opreker yang banyak berkecimpung dalam dunia adroid, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Porting ROM.

Apa itu PORTING ROM??
Porting ROM adalah sebuah proses penyamaan atau penyesuain beberapa struktur sistem pada sebuah ROM (system) android, agar dapat bekerja para device yang berbeda dari asal ROM tersebut.

Penjelasan gampangnya nya seperti ini, kita mencoba untuk memasang sebuah sistem dari perangkat "A" untuk bisa berjalan di perangkat "B" yang notabene berbeda jenis dan variannya, dengan melalui proses PORTING itu sendiri, dengan mengubah beberapa struktur sistemnya agar sesuai dengan perangkat target, dan tentunya dapat berjalan dengan sesuai fungsi dan kegunaanya masing-masing.

Nah, pada proses porting ROM, kita membutuhkan 2 buah ROM/system, yang pertama ROM bawaan dari perangkat kita (yang mau di ganti ROM nya) dan juga ROM dari perangkat target (yang akan dipasangkan ke hp kita), karena dalam proses porting, kita akan saling membutuhkan beberapa  file system dari perangkat bawaan dan target. Dan dimana nantinya akan terseleksi, mana yang dibutuhkan dan mana yang harus dibuang.

Setelah melalui proses porting ini, akan didapatkan sebuah system yang isinya gabungan beberapa file system dari perangkat "A" dan "B" , setelah melalui proses seleksi porting tersebut, dan tentunya komposisi dari perangkat target lebih banyak dari file system bawaan hp kita, karena kebanyakan yang kita butuhkan dari file system bawaan hp kita hanya beberapa file inti saja.

Okee, kita lanjut ke tahap porting nya, kalian bisa melakukan metode porting ini dengan menggunaka  bantuan PC ataupun dari hp kalian sendiri.

Untuk porting via PC, alat-alat yang dibutuhkan:
1. PC
2. Winrar
3. Notepad++
4. Hex editor

Baca juga : Rom Marsmallow, RR MM 6.0 (ResurrectionRemix Marsmallow) Untuk Advan S4k

Untuk porting via HP, alat-alat yang dibutuhkan:
1. HP android
2. Rootexplorer
3. Quickeditor
4. Hex editor

Untuk langkah-langkahnya hampir sama, dengan bantuan PC ataupun lewat HP langsung, untuk tahapannya sebagai berikut.

1. Extract kedua ROM dengan bantuan winrar/rootexplorer.

2. Buka folder meta-inf pada kedua ROM.

3. Samakan block mount point (mmcblk0pxxx) pada ROM yang mau di port dengan stock ROM kalian, save.

4. Buka folder (system/lib/hw/disini) para kedua ROM, lalu copy kan semua file yang ada keterangan (sc8830.so) dari stock ROM menuju ROM target di lokasi yang sama.

5. Copy kan semua isi dari folder (system/lib/egl) dan juga (system/lib/module) pada stock ROM menuju ROM target, dengan menghapus semua isi nya terlebih dahulu pada ROM target.

6. Lalu mundur menuju folder (system/lib/disini) copy kan file (libEGL.so ,libGLES_trace.so, libGLES_V1.so, libGLES_V2.so, libMali.so) replace ke lokasi yang sama para ROM target (untuk lolipop tidak ada libMali.so ,jadi skip saja)

7. Gantikan boot.img dari ROM target dengan boot.img dari stock ROM kalian.

8. Zip kembali ROM target yang sudah selesai kita porting, lalu test install dengan menggunakan TWRP/CWM.

Cara yang saya jabarkan ini adalah proses porting paling dasar, hanya sekedar untuk booting ke home screen, dan target ROM yang kita porting masih berbasiskan stock ROM, untuk cara porting yang berbasiskan CM ataupun AOKP, ada tambahan yang sedikit rumit, akan saya lanjutkan di postingan berikutnya beserta cara mengatasi bug yang muncul pada ROM hasil portingan.

Semoga artikel Cara Paling Gampang Porting Rom Spreadtrum sc7731/8830 Chipset ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi para pembaca yang baru mau mencoba porting ROM sendiri.

0 Response to "Tutorial (Cara) Porting Rom Spreadtrum sc7731/8830 Kitkat, Lolipop Paling Gampang"

Post a Comment

Tgh2