Rom CM12 untuk ADVAN S4K ( CyanogenMod 12.1 Lolipop)

Cyanogenmod

Advan s4k adalah salah satu seri keluaran dari advan yang cukup banyak penggunanya sampai saat ini. Mungkin memang penggunanya sekarang tidak seramai dulu, saat advan s4k dan chipsett spreadtrum masih sangat berjaya.

Pada dasarnya advan s4k ini lahir dengan sistem operasi 4.4 kitkat, dan sampai akhir hayat kejayaannya tidak pernah mendapat update'an OS ke versi yang lebih tinggi, karena tidak pernahnya rilis os terbaru maka para pengguna dan developer s4k ini pun hanya cukup berpuas hati dengan berbagai custom ROM yang hanya sebatas mentok pada ROM berbasiskan OS 4.4 kitkat saja. Sebut saja semua custom ROM berbasiskan cyanogedmod 11, banyak lahir custom ROM dari base cyanogen 11 ini. 

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan jaman yang berkembang, maka berangsur-angsur banyak custom ROM baru yang lahir, kelahiran custom ROM ini tidak lepas dari peran si OS cyanogenmod yang sudah berada di versi 12, atau yang biasa disebut cyanogenmod 12 (CM12). Antusias yang sangat tinggi muncul di kalangan para developer s4k ini, tapi semua seakan pupus karena si cyanogenmod 12 ini berbasiskan sistem OS 5.1 Lolipop, sedangkan si advan s4k ini hanya mentok pada OS 4.4 kitkat.

Banyak dari pengguna dan developer mulai meninggalkan hp ini, karena keterbatasan tersebut. Tapi saya sebagai seorang nubie yang mencoba keberuntungan mendevelop s4k ini, mencoba untuk bisa menembus batasan tersebut agar si s4k ini bisa disetarakan dengan perangkat android di atasnya yang sudah memiliki sistem operasi 5.1 dan tentunya bisa merasakan custom rom CM12 beserta ROM lain yang menggunakan base CM12 ini.

Hari ke hari, bulan ke bulan saya mencoba berexperiment untuk sedikit memaksa sistem operasi 5.1 ini berjalan di advan s4k dan menjajal berbagai custom ROM CM12 beserta turunan-turunannya.

Sempat mendapatkan sedikit titik cerah dalam pengembangan OS Lolipop ini, dan disitu lah asal mula saya lebih bersemangat untuk mengembangkan OS Lolipop pada perangkat advan s4k ini.

Dari berbagai OS Lolipop yang ada, pilihan saya jatuh kepada CyanogenMod 12 ini untuk bisa di tanamkan ke perangkat s4k, karena dengan bisanya CM12 ini tertanam dan berjalan di s4k nanti akan dengan sendirinya banyak OS Lain yang mengikuti di belakangnya, karena banyaknya turunan dari si CM12 ini.

Setelah melewati berbagai macam percobaan dan kegagalan, akhirnya si CM 12 bisa booting dan berjalan mulus, meski pun muncul beberapa bugs, tapi semua bisa di atasi seiring berjalannya waktu dan dukungan dari pengguna dan rekan-rekan developer lainnya.

Okey, langsung saja untuk kalian pengguna s4k yang mau mencoba Rom CM12 untuk ADVAN S4K ( CyanogenMod 12.1 Lolipop)  bisa langsung kalian comot.

Untuk tahap instalasinya, kalian bisa mengikuti instruksi dibawah ini.

  • Simpan ROM CM12 ke sdcard.
  • Matikan HP, masuk ke TWRP
  • Backup ROM (opsional)
  • Full wipe (system, data, cache)
  • Flash ROM CM12 tadi.
  • Flash Fix nya, ambil disini, lalu reboot.
  • Tunggu sampai masuk home screen, done.

Cyanogenmod 12


Untuk ROM CM12 ini terdapat bug yang belum bisa saya atasi, yaitu camera tidak dapat terhubung. Tapi saya rasa tidak terlalu bermasalah untuk penggunaan sehari-hari dan gaming, karena kualitas dari kamera si s4k ini saya rasa kurang bisa di andalkan.

Demikian sedikit ulasan saya tentang Rom CM12 untuk ADVAN S4K ( CyanogenMod 12.1 Lolipop)  semoga bermanfaat.

Untuk beberapa ROM yang berbasiskan Lolipop akan saya bagikan pada artikel selanjutnya.

5 Responses to "Rom CM12 untuk ADVAN S4K ( CyanogenMod 12.1 Lolipop) "

  1. Apakah itu bisa di porting ke sprd kitkat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, krna memang ini saya buat memang d peruntukan untuk hp yg gk punya base lolipop dr pabrikannya.. jadi bisa rasain pure lolipop dg sedikit paksaan..

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk porting, bisa d pakai cara dasar porting speadtrum, nanti saya buat artikel paling simple nya..

      Delete
  3. ok saya tunggu cara portingnya...

    ReplyDelete

Tgh2