Terganggu suara mendengkur? Kasih cara ini ke si dia, cara alami dan aman menghilangkan ngorok saat tidur

Suara dengkuran atau ngorok yang tidak hanya mengganggu nyenyaknya tidur orang yang berada didekatnya, tetapi kualitas dari tidur sipelaku ngorok itu sendiri. Yaaa, jadi bersyukurlah bagi kalian yang hobi dengan menyanyi atau berkaraoke ria. Karena pada sebuah penelitian ditemukan bahwa latihan bernyanyi bisa dijadikan sebagai cara untuk menghilangkan kebiasaan ngorok yang efektif dan tentu saja tanpa efek samping.

Ngorok



Dikutip dari laman NHS Choice, sekelompok tim peneliti dari the Royal Devon and Exeter NHS Foundation Trust mendapati bahwa latihan bernyanyi dapat menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan kebiasaan ngorok yang sangat efektif. Hasil ini didapatkan setelah mengamati 127 orang yang mempunyai kebiasaan mengorok dari tingkatan yang ringan sampai dengan mengorok kronis yang diakibatkan oleh sleep apnea.

Studi tersebut mendapati jika sekumpulan orang yang diminta untuk melakukan latiha vokal selama 20 menit dalam sehari selama 3 bulan ternyata membuat kebiasaan ngorok menjadi berkurang dibandingkan dengan kelompok yang tidak diminta untuk berlatih vocal. Mereka yang melakukan latihan vokal setiap hari ini pula menunjukkan kenaikan stamina menjadi lebih tinggi dalam beraktivitas dan tidak sama sekali menunjukkan tanda-tanda rasa kantuk pada siang hari.


Berlatih vocal secara rutin, dilaporkan oleh beberapa peneliti, bisa mengurangi tingkat keparahan mendengkur, frekuensi dari mengorok, dan tingkat suara dengkuran dan pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas tidur si penderita. Hasilnya pun berbanding terbalik dengan para penderita yang tidak latihan ikut akan sesi latihan vocal ini.

Selama kita tidur, otot-otot tubuh akan menjadi rilex. Termasuk otot-otot lidah dan saluran pernapasan di bagian belakang tenggorokan. Otot-otot pernafasan yang kendur akan menyempitkan saluran udara sehingga mereka lebih cenderung bergetar ketika dilewati oleh udara dari paru-paru, sedangkan posisi lidah saat tidur didorong mundur dengan lemah dan akan menghalangi jalan masuk dan keluar udara saat tidur. Kombinasi kedua hal ini kemudian menghasilkan suara mendengkur yang khas. Ditambah lagi, massa otot tubuh akan berkurang dan kendur secara alami seiring bertambahnya usia.

Tidur ngorok


Dilaporkan pada halaman Livestrong, Alise Ojay, seorang pelatih vokal dan musik, mengatakan bahwa bernyanyi melatih kekuatan otot-otot di belakang tenggorokan sambil juga memperkuat lidah dan jaringan lunak di bagian belakang mulut. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa menyanyi akan meningkatkan kekuatan otot-otot kerongkongan dan sekitarnya sehingga tidak mudah rileks dan membuat saluran udara sempit masuk dan keluar saat tidur.

Dalam penelitian tersebut masih memiliki banyak kekurangan dan membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi. Meski demikian penemuan ini menghadirkan solusi lain sebagai cara untuk menghilangkan ngorok yang aman serta alami.

Jangan takut atau malu jika suara Anda buruk saat bernyanyi. Anda tidak perlu benar-benar memahami cara membaca skala seperti musisi profesional untuk berlatih untuk mengurangi masalah dengkuran ini.

Cukup ucapkan "la la la" atau "ma ma ma" dari yang terendah ke tertinggi yang Anda bisa, lalu kembali dari nada tertinggi ke terendah. Setelah itu, ganti pengucapannya dengan suara "ung-gah". Suara "ung" membuat jaringan lunak di langit-langit mulut Anda menyentuh bagian belakang lidah, dan suara "gah" akan kembali ke posisi semula.

Mengulangi suara-suara ini akan melatih otot sekitar tenggorokan agar semakin kuat dan mencegahnya mudah mengendur saat tidur.

Tidak hanya latihan bernyanyi untuk mengurangi mendengkur

Dikutip dalam halaman Medical News Today, Malcolm Hilton, salah satu dokter THT dari sebuah rumah sakit Exeter, University Exeter Medical School menjelaskan bahwa cara untuk menghilangkan ngorok tidak cuma dengan melakukan satu hal. Berlatih menyanyi saja tentu tidak serta-merta menghentikan kebiasaan mengorok sepenuhnya.

Hilton menyarankan untuk menyertainya dengan perubahan gaya hidup, diantaranya :

  • Menurunkan berat badan
  • Mengurangi konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok
  • Menghindari penggunaan obat penenang

  • Pastikan cukup minum air putih sebelum tidur


Selain perubahan gaya hidup, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan juga sebelum tidur, yaitu:

Ubah posisi tidur. Posisikan kepala lebih tinggi saat tidur.

Membersihlan bagian dari hidung, tidur dengan keadaan hidung tersumbat akan menjadikan kemungkinan mendengkur akan lebih mudah terjadi

Jaga kamar tidur tetap lembap. Udara yang terlalu kering bisa mengiritasi membran saluran hidung dan tenggorokan dan membuatnya menjadi bengkak. Humidifier atau mesin pelembap udara di rumah bisa membantu Anda menjaga kelembapan ruangan.

0 Response to "Terganggu suara mendengkur? Kasih cara ini ke si dia, cara alami dan aman menghilangkan ngorok saat tidur"

Post a Comment

Tgh2